MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ONLINE (E-COMMERCE)


A. DEFINISI PERDAGANGAN ONLINE (E-COMMERCE)
     Dalam definisi luas, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan antarmuka (interface) sebuah browser. Web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).
     E-commerce bisnis-ke-bisnis-konsumen (business-to-consumer-B2C) mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk e-commerce bisnis-ke-bisnis (business-in-bussiness-B2B) mengacu pada transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.

B. MANFAAT DARI PERDANGAN ONLINE (E-COMMERCE)

  • Perbaikan layanan sebelum, selama, dan setelah penjualan
  • Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan.
  • Peningkatan imbal hasil ekonomis atau pemegang saham dan investasi pemiliki.
C. KENDALA DARI PERDANGAN ONLINE (E-COMMERCE)

  • Biaya yang tinggi
  • Kekhawatiran akan masalah keamanan
  • Peranti lunak yang belum mapan 
D. RUANG LINGKUP PERDANGAN ONLINE (E-COMMERCE)
  • E-Commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan. 
  • E-Commerce memiliki arti penting khususnya bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena memang menyumbangkan presentasi dolar penjualan dalam jumlah besar dalam segmen-segmen tersebut. 
E. JALAN MENUJU PERDANGAN ONLINE (E-COMMERCE)
     Rencana bisnis strategi akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan pertamatama harus memperoleh kecerdasan bisnis (business intelligence) sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami perananan potensia yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan. Rencana bisnis strategi akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif. 

F. INTELEGANSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)
    Inteligensi bisnis (business intelligence-B1) adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.

G. BASIS DATA EKSTERNAL
  • LEXIS-NEXIS (WWW.LEXISNEXIS.COM)
  • DIALOG (WWW.DIALOG.COM)
  • Dowjones.com (WWW.DOWJONES.COM) 
  • Global eXchange Services (WWW.GXS.COM)
  • Reuters (WWW.REUTERS.COM) 
H. MESIN PENCARI
     Mesin pencari (search engine) adalah suatu program komputer khusus yang menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari. Program ini kemudian mencari isi situs-situs Web di Internet untuk melihat apakah kata atau kata-kata tersebut terdapat di situs-situs Web tersebut.


I. STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL
   Sistem interorganisasional (interorganizational systemIOS) adalah strategi di mana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Istilah yang sering kali dpergunakan untuk IOS adalah EDI, yang merupakan singkatan dari Electronic Data Interchange (pertukaran data elektronik). Pertukaran data elektronik adalah salah satu cara untuk mendapatkan suatu system interorganisasional. 

J. SISTEM INTERORGANISASIONAL
  E-commerce merupakan hal yang fundamental bagi sistem interorganisasional. Tanpa jaringan komunikasi dan kemampuan pemrosesan komputer, organisasi akan menjadi sebuah pulau produksi maya, dengan sedikit kemampuan yang dipergunakan untuk jasa dan produk yang menciptakan vitalitasnya. Ecommerce dan EDI adalah jalan bebas hambatan bagi sistem interorganisasion. Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi disebut sekutu dagang, sekutu bisnis, atau aliansi bisnis. 

K. MANFAAT IOS
  • Efisiensi Komparatif
  • Kekuatan Penawaran
  • Mengurangi Kesalahan
  • Meningkatnya Kemampuan Untuk Bersaing
  • Menurun Biaya
  • Meningkatnya Efisiensi Operasional
  • Memperbaiki Hubungan Dengan Sekutu Dagang
  • Memperbaiki Layanan Pelanggan
L. EMPAT FAKTOR YANG MENENTUKAN LANGKAH PERUSAHAAN
  1. Tekanan kompetitif
  2. Kebutuhan internal
  3. Penggunaan Kekuasaan
  4. Dukungan manajemen puncak
M. STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
      Strategi bisnis untuk e-commerce B2C menjadi begitu penting karna terdapat dua hal yaitu :
      a. Semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital
      b. Semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan web.

N. PENJUALAN MAYA VERSUS CAMPURAN
    Penjualan maya versus campuran adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik.


O. SARAN - SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET
     1. Pastikan situs Web Anda kuat. 
     2. Pastikan browser dan struktur basis data Anda fleksibel maupun intuitif. 
     3. Menekankan isi. 
     4. Sering diperbarui. 
     5. Melihat di luar pelanggan. 
     6. Tujukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna. 
     7. Menjadikan Internet intuitif. 
     8. Berada di lokasi Web yang tepat. 
     9. Ciptakan rasa kebersamaan. 
    10.Carilah bantuan jika Anda membutuhkannya

P. DAMPAK INTERNET PADA BISNIS DI MASA YANG AKAN DATANG
  1. Menggeser kekuatan dari penjual ke pembeli dengan mengurangi harga ketika melakukan perubahan suplier (vendor lainnya hanya satu click jaraknya).
  2. Menyediakan informasi harga dan produk yang banyak dan lebih lengkap.
  3. Mengurangi biaya transaksi. Bandingkan transaksi bank melalui internet dan melalui ATM., begitu juga pemrosesan tiket melalui internet dibandingkan melalui travel agent. Memang penghematan ini dampak nyatanya dirasakan oleh bisnis berukuran besar.
  4. Kecepat jangkauan dan aksebilitas informasi dari internet, serta biaya rendah untuk mendistribusikan.
Sumber :
  1. Slide Power Point Sistem Informasi Manajemen Pertemuan 14
  2. http://www.geocities.ws/roffl/dampak_internet.html
  3. https://faldikusuma.wordpress.com/2017/12/01/menggunakan-teknologi-informasi-dalam-menjalankan-perdagangan-elektronik-e-commerce/
  4. https://slideplayer.info/slide/1911679/
  5. https://www.boyyendratamin.com/2018/01/bisnis-online-menurut-uu-perdagangan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN INFORMASI DAN END USER COMPUTING (EUC)

SISTEM INFORMASI PEMASARAN

ORGANISASI FILE DAN AKSES FILE