MANAJEMEN
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh, Kembali lagi bersama saya Fitri Ernita Sari...
Disini saya akan menuliskan tentang materi mengenai Manajemen, Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat untuk teman - teman sekalian..
A.
Definis Manajemen
Menurut Encyclopedia of the
Social Science :
Manajemen
adalah suatu proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
Menurut Manullang :
Manajemen
adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan
pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
Dari dua pendapat para ahli, dapat disimpulkan
Pengertian Manajemen adalah proses atau kegiatan yang mengorganisir,
mengendalikan suatu proses kerja untuk mencapai tujuan biasanya dilakukan oleh
seorang manajer dalam organisasi.
B.
Piramida
Organisasi (R. Antoni)
Menurut R. Antoni, manajemen dalam suatu organisasi dapat
dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu :
1.
Manajemen Tingkat Atas (Top Management), terdiri dari direktur
utama, direktur, dan eksekutif lainnya. Melakukan kegiatan perencanaan
strategis, yang mengetahui
dampak adanya keputusan mengenai keseluruhan organisasi untuk tahun-tahun yang
akan datang.
2.
Manajemen Tingkat Menengah (Middle Management), terdiri dari kepala
divisi (kepala bagian) dan kepala cabang. Melakukan kegiatan pengendalian
manajemen, yang bertanggung
jawab menjadikan rencana menjadi tindakan dan untuk memastikan tercapainya
tujuan organisasi.
3.
Manajemen
Tingkat Bawah (Low Management), terdiri dari supervisor, mandor,
pimpinan kelompok (leader). Melakukan kegiatan pengendalian operasional,
yang bertanggung jawab untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan oleh
manajemen tingkat menengah.
C.
Dimana Manajer Ditemukan
Manajer
dapat ditemukan di mana-mana, tetapi perlu disadari bahwa mereka ada di
berbagai tingkat dan di dalam berbagai bidang fungsional di dalam perusahaan.
D.
Tingkatan Manajer
Tingkatan
manajer di dalam organisasi adalah :
1.
Tingkat
perencanaan strategis
Pada
dasarnya, perencanaan strategis meliputi hal-hal berikut ini :
a. Proses evaluasi lingkungan luar
organisasi.
Top Management harus pandai mengevaluasi perubahan lingkungan luar organisasi dan mampu
bereaksi dengan cepat terhadap kesempatan-kesempatan yang diberikan luar,
seperti produk baru, pasar baru, pengembangan pasar, dsb.Selain itu, top
management juga harus tanggap terhadap tekanan-tekanan dari lingkungan luar
yang dapat merugikan organisasi dan sedapat mungkin merubahnya menjadi
kesempatan.
b. Penetapan tujuan.
Tujuan adalah apa yang ingin dicapai oleh organisasi yang
bersifat jangka panjang.
Misalnya : tujuan organisasi pemasaran adalah dalam 5
tahun ke depan menjadi penjual yang terbesar di dalam pasar dalam negeri dengan
mengusai 60% pangsa pasar.
c. Penentuan strategi.
Top Management menentukan tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh
organisasi dengan maksud untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya. Inilah yang disebut dengan strategi.Dengan adanya strategi, maka
semua kemampuan dan sumber daya organisasi (seperti modal, material, personil,
dan kesempatan) dikerahkan guna mencapai tujuan organisasi.
2. Tingkat pengendalian manajemen
Pengandalian manajemen adalah proses untuk meyakinkan
bahwa organisasi telah menjalankan strategi yang telah ditetapkan dengan
efektif dan efisien. Pengendalian manajemen
merupakan tingkatan taktik (tactical level), yaitu bagaimana middle
management menjalankan taktik-taktik supaya perencanaan strategi dapat
berhasil dilakukan.Taktik yang dilakukan, biasanya, bersifat jangka pendek
(kurang atau sama dengan 1 tahun).
3. Tingkat pengendalian operasional
Pengandalian operasional adalah proses untuk meyakinkan
bahwa tiap-tiap tugas tertentu telah dilaksanakan secara efektif dan efisien.Pengendalian
operasional ini merupakan proses penerapan program yang telah ditetapkan dalam
tingkat pengendalian manajemen.Pengandalian operasional dilakukan di bawah
pedoman proses pengendalian manajemen dan difokuskan pada tugas-tugas low
management.
E.
Manajemen dan Tingkat Informasi
Karakteristik informasi yang
diperlukan oleh masing-masing Tingkat Manajemen :
1.
Sumber Informasi : eksternal atau internal.
Tingkatan
Manajemen
|
Karakteristik
|
Top
|
Membutuhkan informasi lebih banyak dari eksternal
perusahaan (supplier, pesaing, pemerintah, masyarakat) dan sedikit dari internal
perusahaan (manajer dan staf).
|
Middle
|
Membutuhkan informasi yang porsinya sama banyak, baik
dari eksternal perusahaan maupun
internal perusahaan.
|
Low
|
Membutuhkan informasi lebih banyak dari internal
perusahaan & sedikit dari eksternal perusahaan (misalnya dari supplier).
|
2.
Lingkup Informasi : global atau parsial.
Tingkatan Manajemen
|
Karakteristik
|
Top
|
Memerlukan informasi organisasi / perusahaan secara
global atau informasi dari seluruh komponen organisasi / perusahaan.
|
Middle
|
Membutuhkan informasi
semi global dan semi parsial. Mengkoordinasikan antar divisi.
|
Low
|
Memerlukan informasi bersifat parsial atau lokal, yang
berhubungan dengan masing-masing divisi.
|
3.
Kurun Waktu Informasi : jangka panjang atau jangka pendek.
Tingkatan Manajemen
|
Karakteristik
|
Top
|
Memerlukan informasi untuk jangka panjang. Rentang
waktu jangka panjang tergantung jenis perusahaan.
|
Middle
|
Membutuhkan informasi jangka menengah.
|
Low
|
Membutuhkan informasi jangka pendek.
|
4.
Kelengkapan Informasi : hal-hal pokok atau lengkap.
Tingkatan Manajemen
|
Karakteristik
|
Top
|
Memerlukan Laporan hanya pokok-pokok permasalahan.
|
Middle
|
Memerlukan Laporan semi pokok.
|
Low
|
Memerlukan Laporan yang lengkap seputar masing-masing
divisi.
|
5.
Kerincian Informasi : ringkas atau detail.
Tingkatan Manajemen
|
Karakteristik
|
Top
|
Membutuhkan informasi berupa ringkasan, biasanya dalam
bentuk grafik atau diagram.
|
Middle
|
Memerlukan informasi semi ringkas.
|
Low
|
Memerlukan informasi yang rinci/detail.
|
6.
Kerangka Waktu : masa depan atau masa lalu.
Tingkatan Manajemen
|
Karakteristik
|
Top
|
Membutuhkan informasi tentang masa depan.
|
Middle
|
Memerlukan informasi masa lalu (historis).
|
Low
|
Memerlukan informasi masa lalu (historis).
|
7.
Saat Penyajian Informasi : sesuai kebutuhan atau periodik rutin.
Tingkatan Manajemen
|
Karakteristik
|
Top
|
Membutuhkan informasi sesuai kebutuhan, terutama pada
saat akan membuat keputusan.
|
Middle
|
Memerlukan informasi semi periodik.
|
Low
|
Memerlukan informasi secara periodik rutin untuk
keperluan evaluasi secara teratur.
|
F. Bidang
Fungsional
Bidang fungsional perusahaan
terdiri dari tiga bidang utama yaitu :
1. Pemasaran, bidang fungsional
perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan barang atau jasa.
2. Manufaktur, bidang fungsional
perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan dan perakitan produk.
3. Keuangan, bidang fungsional
perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan perusahaan.
G. Fungsi
Manajemen Menurut Henry Fayol
Sekitar tahun 1914, seorang
ahli teori manajemen berkebangsaan Perancis bernama Henry Fayol, menyatakan
bahwa manajer melaksanakan 5 fungsi manajemen yang utama, yaitu :
1. Planning (Merencanakan), manajer
merencanakan apa yang akan dilakukan.
2. Organizing (Mengorganisasikan), manajer
mengorganisasikan untuk mencapai rencana tsb.
3. Staffing (Menyusun Staf), manajer
menyusun para staf untuk melaksanakan rencana yang telah ditentukan.
4. Directing (Mengarahkan), manajer
mengarahkan sumber daya yang ada untuk menjalankan rencananya.
5. Controling (Mengendalikan), manajer
mengendalikan sumber daya yang dimiliki dan menjaganya agar tetap beroperasi
secara optimal.
H. Peran Manajerial : Mintzberg
1.
Peran
Antarpribadi (Interpersonal Role)
a. Figurehead (kepala), manajer melaksanakan
tugas-tugas seremonial, seperti mendampingi pejabat yang berkunjung meninjau
fasilitas yang tersedia.
b. Leader (pemimpin), manajer memelihara unit
dengan mempekerjakan dan melatih staf serta menyediakan motivasi dan dorongan.
c. Liasion (penghubung), manajer menjalin hubungan
dengan orang-orang di luar unit manajer, seperti rekan kerja, dengan tujuan
menyelesaikan masalah-masalah bisnis.
2.
Peran
Informasi (Informasional Role)
a. Monitor (pemantau), manajer secara tetap mencari
informasi mengenai kinerja unit. Indera manajer mengamati aktivitas internal
unit dan lingkungannya.
b. Disseminator (pewarta), manajer meneruskan informasi
yang berharga kepada orang lain dlm unitnya.
c. Spokesperson (juru bicara), manajer meneruskan informasi
yang berharga kepada orang lain di luar unitnya, seperti pimpinan dan
orang-orang di lingkungannya.
3.
Peran
Keputusan (Decisional Role)
a.
Enterpreneur (wirausaha), manajer membuat perbaikan-perbaikan yang cukup permanen
pada unit, seperti mengubah struktur
organisasi.
b.
Disturbance
handler (pemecah
masalah), manajer
bereaksi pada kejadian-kejadian yang tidak terduga, seperti devaluasi dollar di
negara asing yang menjadi tempat operasi perusahaannya.
c.
Resource allocator (pembagi sumber daya), manajer mengendalikan
pengeluaran unitnya, menentukan unit bawahan mana saja yang mendapatkan sumber
daya tertentu.
d.
Negotiator (perunding), manajer menengahi perselisihan, baik di dalam
unitnya maupun antara unit dan lingkungannya.
I.
Keahlian Manajer
Keahlian komunikasi, manajer
berkomunikasi (menerima dan mengirimkan informasi) dengan bawahan, atasan,
manajer lain, dan orang-orang di luar perusahaan, dalam bentuk lisan (laporan,
surat, memo, e-mail, dan terbitan berkala) maupun tertulis (komunikasi saat
rapat, penggunaan telepon, meninjau fasilitas, dan berbagai kegiatan sosial).
Keahlian pemecahan masalah,
manajer memecahkan masalah dengan membuat perubahan-perubahan pada operasi
perusahaan sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya.
J.
Pengetahuan Dasar Manajer
Mengerti komputer, mencakup
pengertian mengenai istilah-istilah dalam komputer, pemahaman mengenai
keunggulan dan kelemahan komputer, kemampuan menggunakan komputer, ddan hal-hal
lain yang berhubungan dengan teknologi komputer.
Mengerti informasi, meliputi
pengertian bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari prosedur pemecahan masalah, dimana informasi
dapat diperoleh, dan bagaimana membagikan informasi kepada orang lain.
K.
Manajer Dan Sistem
Seorang manajer harus mampu
memandang organisasinya sebagai suatu sistem.
Organisasi terdiri dari sejumlah sumber daya dan sumber
daya – sumber daya tersebut bekerja menuju tercapainya suatu tujuan yang telah
ditentukan oleh manajemen atau pemilik organisasi.
Sumber : Slide Power Point
Pertemuan 3
Komentar
Posting Komentar