Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelompok 3
Ketua Kelompok : Fitri Ernita Sari (2017330016)
Nama Anggota : Fahmi Aulia Rahman (2017330029) Firman Firdaus (2017330047)
Manajemen Informatika
STMIK BINA INSANI
BEKASI
Soal tugas :
1. Cari informasi tentang perangkat atau komponen TIK,contoh hardware, software, dan brainware!
2. Carilah perbedaan perangkat TIK dari zaman kezaman,dan dampak perkembangan TIK!
Jawab:
Kelompok 3
Ketua Kelompok : Fitri Ernita Sari (2017330016)
Nama Anggota : Fahmi Aulia Rahman (2017330029) Firman Firdaus (2017330047)
Manajemen Informatika
STMIK BINA INSANI
Soal tugas :
1. Cari informasi tentang perangkat atau komponen TIK,contoh hardware, software, dan brainware!
2. Carilah perbedaan perangkat TIK dari zaman kezaman,dan dampak perkembangan TIK!
Jawab:
1. Komponen Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dizaman
sekarang, komputer bukanlah hal baru. Komputer merupakan benda yang umum
digunakan dihampir semua jenis pekerjaan. Kata komputer sejatinya berasal dari kata latin computare yang berarti
menghitung.
Hal ini
tidak terlepas dari tujuan awal diciptakannya komputer, yaitu untuk membantu
manusia di dalam proses penghitungan bersifat matematis. Perhitungan dalam hal
ini bukan hanya perhitungan yang mudah, namun juga perhitungan rumit di luar
batas kemampuan perhitungan manusia, yang butuh sumber daya yang besar. Bidang
ilmu seperti matematika, kimia, fisika banyak memerlukan perhitungan rumit
dimana komputer banyak digunakan. Komponen TIK dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Hardware,
Software, dan Brainware. :
Ø Hardware (Perangkat keras)
Hardware
adalah perangkat keras dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),Hardware
sendiri terbagi menjadi 4 bagian, yaitu Masukan (Input), Pemrosesan (Process), Keluaran (Output), dan Penyimpanan (Storage).
· Alat input
Alat Input berfungsi
untuk memasukan data baik berupa gambar, teks, video, ke dalam komputer.
Contohnya: Keyboard, Joystick, Mouse, scanner dan lainnya
· Alat pemrosesan
Alat Pemrosesan berfungsi
untuk mengolah data yang diperoleh dari input device, setelah itu diproses dan
diteruskan kepada output device. Contoh dari perangkat pemrosesan data: CPU, Ram, Motherboard
· Alat output
Alat Output berfungsi
untuk mengeluarkan dan menghasilkan data yang telah dimasukkan dengan Input Device. Contoh dari alat output yang sering kita jumpai: Monitor, Speaker,
dan Printer.
· Alat penyimpanan
Alat penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data pada sistem operasi atau sebagai penyimpanan
eksternal. Contoh dari Alat penyimpanan adalah Hard Disk, Flash disk, Floppy
disk, Memory card.
Ø Software (Perangkat Lunak)
Software berfungsi untuk memproses data, perintah / instruksi hingga mendapat hasil
atau menjalankan berbagai perintah. Selain itu software dibagi menjadi beberapa
jenis:
· Sistem operasi :
Perangkat lunak yang berfungsi mengorganisasikan semua komponen mesin komputer.
contoh dari sistem operasi ialah Microsoft Windows, Macintosh, Linux, dan Unix.
· Program aplikasi :
Suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan
pada suatu bidang. Contoh dari program aplikasi ialah MS.Word, MS. Excel, MS.
Power point dan masih banyak lainnya.
· Utillity atau program bantu :
Suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi. contoh dari
utillity ialah : Google Chrome, Mozilla Firefox, Winamp, Anti Virus dan
lain-lain.
· Bahasa Pemrograman :
Atau lebih dikenal juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman
komputer, adalah instruksi standar yang berfungsi untuk memerintah komputer.
contoh bahasa pemrograman : Java Script, PHP, Visual Basic, Pascal, dan masih
banyak lagi.
Ø Brainware
Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam
kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. atau bisa dikatakan
juga orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang
yang mengoperasikan maka komputer tidak akan dapat dijalankan.Brainware dibagi
menjadi beberapa macam yaitu
:
· Operator :
Orang yang tugasnya melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada
hubungannya dengan perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk
diakses, merawat sistem komputer, dan lain-lain.
· Programmer :Orang yang menguasai
bahasa pemrograman. Programer dapat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas
yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi
yang akan dirancang.
· Administrator :
Orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang
berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer. dan Masih banyak
lagi.
2.Perbedaan Perangkat
Teknologi Informasi dan Komunikasi dari zaman ke zaman dan dampak perkembangan TIK!
a. Perbedaan Perangkat TIK dari zaman ke zaman:
·
Perangkat TIK pada zaman Tradisional
Alat
komunikasi kuno di masa lalu penggunaannya masih dengan cara yang sangat
sederhana, peralatannya pun masih menggunakan bahan bahan alam, seperti daun lontar,
batu (prasasti) dan asap. Contoh nya adalah Kentongan, Lonceng/Bel, Asap,
Bedug. Pada masa ini, Peralatan komunikasi tersebut hanya digunakan pada saat
tertentu saja.
·
Perangkat TIK pada zaman Modern
Titik awal
zaman modern ini berawal dari penemuan-penemuan bahan kertas, mesin cetak
hingga elektronik menggantikan media komunikasi tradisional. Penemuan telegram
menjadi titik awal interaksi tanpa tatap muka. Semakin lama muncul teknologi
komunikasi yang modern seperti televisi, radio, komputer. Notebook, hingga
smartphone.
b. Dampak perkembangan TIK
1.
Secara Umum:
(+) Pengiriman Informasi menjadi lebih cepat,
peningkatan efisiensi dan efektifitas pengiriman informasi, perubahan gaya
hidup
(-) Cyber Crime (Kejahatan dunia maya),
Dibuatnya undang undang baru tentang TIK (UU ITE), Peningkatan budaya konsumtif
TIK.
2.
Pendidikan:
(+) Munculnya metode-metode pembelajaran yang
baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan
teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami
materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi
bisa dibuat abstrak.
(-) Penyalahgunaan pengetahuan bagi
orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal. Kita tahu bahwa
kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi yang e-book berpengetahuan
tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contohnya dengan ilmu komputer yang
tinggi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbankan dan lain-lain.
3.
Pemerintahan:
(+) Pelayanan yang lebih baik kepada
masyarakat, informasi dapat disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu,
tanpa harus menunggu dibukanya kantor, informasi dapat dicari dari kantor,
rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
(-) Semakin bebasnya masyarakat mengakses
situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang
dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU
ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.
4.
Ekonomi:
(+) Persaingan dalam dunia kerja sehingga
menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang
dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak
pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan.
Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami
perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan
yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan
skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
(-) Dengan mudahnya melakukan transaksi di
internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang
seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba. Dan juga hal yang
sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang
mengakibatkan kerugian financial yang besar.Selain itu,
dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan banyaknya
terjadi kasus penipuan dalam perdagangan online.
SUMBER
REFERENSI
· admin. 2016. Pengertian Hardware, Software, Brainware dan Contohnya
(Online) (https://androidcara.web.id/2016/11/pengertian-hardware-software-brainware-dan-contohnya.html, diakses 28 September 2017
pukul 16.39 WIB).
· Hartono, Jogiyanto. 1999. Pengenalan Komputer
HAL. 8. Penerbit Andi Yogyakarta.
·
Materi Pengantar Teknologi Informasi
Pertemuan II
· BLINGSHINE90. 2013. Pengertian Teknologi dan
Informasi (Online) (https://blingjamong.wordpress.com/2013/11/18/1-1dampak-positif-dan-negatif-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-bidang-pendidikan-pemerintah-dan-ekonomi/ ,
diakses 28 September 2017 Pukul 16.43 WIB).
xx
Komentar
Posting Komentar